Social Icons

Pages

Sketsa Hati


Hati itu adalah hal yang paling kompleks dalam kehidupan manusia. Bahwa instrumen hati terdapat dalam tujuh ayat yang berulang. Yang senantiasa dibaca dalam do’a-do’a kita.


Jika hati itu baik, maka baik pulalah seluruh kehidupannya. Tanpa harus saling menyembunyikan, seluruh pola tingkah adalah cerminan hati kita. Tanpa harus saling mengakui, seringkali kita berbeda bukan sebab pikiran, hati kita yang bebeda. Kita akan sangat kesulitan menyamakan persepsi sebelum pertamakali berpadu hati.

Hati adalah tempat paling aman memendam segala rahasia. Mengalahkan ego diri, menumbuhkan simpati, menyatukan hati. Memahami cinta dan benci, ataupun patah berkali-kali.

Membuatnya tetap utuh butuh kesabaran. Dari akumulasi pencapaian-pencapaian kecil. Kita butuh waktu yang cukup panjang. Kesabaran yang lebih lama dari waktu yang ditentukan. Perjuangan yang lebih kuat dari kesabaran.

Pondasinya adalah ilmu. Melahirkan pemahaman yang utuh tentang definisi. Buahnya adalah keikhlasan. Tetap rindang sekalipun di tengah terik maupun riuh. Bentengnya adalah taqwa. Tujuan dari setiap perjalanan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Inspirasi

Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam as-Syaafi'i dll memang telah tiada di dunia ini.

Namun, ketika manusia membaca buku, tulisan mereka ...

"Berkata, Imam Bukhari, Muslim as-Syaafi'i rahimahumullah ..."

Saat itu pula seolah mereka masih hidup di dunia...

Msc_